Mari mengenal lebih dalam tentang Pramuka!

Wednesday, September 5, 2012

Semaphore

Semaphore Pramuka, 8Direction
SEMAPHORE


Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong / dengan sarung tangan. Informasi yang dapat dibaca melalui posisi bendera / tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan 2 bendera, yang masing-masing bendera tersubut berukuran 45 cm x 45 cm. 

Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan 2 buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah & kuning, dimana letak warna merah sellau berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke-19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Semaphore kini menggunakan 2 bendera yang berbentuk persegi, yang akan digunakan oleh pengirim sinyal untuk melakukan posisi-posisi yang bisa diterjemahkan menjadi huruf dan angka. Sebenarnya warna bendera tergantung asal pesan itu dikirimkan, jika dikirimkan dari laut, maka benderanya berwarna merah dan oranye, jika dikirimkan dari darat maka bendera akan berwarna biru dan putih. Di Indonesia bendera yang biasa digunakan dalam kegiatan kepramukaan berwarna merah & oranye. Namun sebenarnya warna bendera itu sendiri tidaklah terlalu penting, itu hanya merupakan pertanda agar pesan lebih mudah tetangkap.

Di Indonesia, semaphroe biasa diterapkan sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam kegiatan Pramuka. Biasanya kegiatan semaphore ini diajarkan sejak dalam tingkatan Pramuka Siaga dan merupakan keterampilan  yang dipraktekan pada acara perkemahan. Namun seiring dengan semakin redupnya :'( kegiatan Pramuka di Indonesia, maka keterampilan semaphore ini pun semakin jarang dikenal orang.

Berikut adalah contoh gerakan semaphore:

Sedikit diperbesar, biar jelas :D


No comments:

Post a Comment